Tips Bangkit dari Kegagalan

Sumber : zonamahasiswa.id

Setiap orang menginginkan kesuksesan dalam setiap urusan hidupnya. Namun tak jarang aral merintangi jalan menuju sukses, sehingga seseorang harus merasakan kegagalan. Sedih, kecewa dan berbagai emosi negatif lainnya lumrah dirasakan seseorang yang mengalami kegagalan. Kendati demikian hal yang harus diingat adalah roda nasib terus berputar, kegagalan adalah sukses yang terganjal aral, hanya masalah waktu sukses bisa diraih jika seseorang tersebut tidak berhenti mencoba meraih kesusesan.

Tips ketika sedang menghadapi kegagalan adalah dengan memperbanyak membaca istighfar dan shalawat. Apabila orang bertakwa maka Allah akan memberi jalan keluar.

ومن يتق الله يجعل له مخرجا ( ) ويرزقه من حيث لا يحتسبج

Artinnya: “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menjadikan jalan keluar ( ) dan akan memberi rizki yang tak terduga.” QS: At-

Ketika menghadapi kegagalan maka hendaknya kita menjadi bertakwa. Takwa diwujudkan dalam memperbaiki shalat, dzikir, menjauhi larangan Allah. Takwa adalah menaati perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Ketika menghadapi situasi terjepit maka hendaknya kita wudhu dan shalat hajat.

Terdapat kisah yang dapat dijadikan pelajaran mengenai seorang lelaki penjagal sapi yang mempunyai hidup kacau. Istrinya dikejar-kejar supir angkot dan ia mempunyai anak yang tinggal di pondok tetapi perangainya nakal dan sering kabur ketika di pondok. Lelaki tersebut intropeksi diri kemudian memutuskan untuk keluar dari penjagalan sapi karena cara yang digunakan tempat penyembelihan sapi tersebut menyakiti sapi. Lelaki tersebut kemudian membantu istrinya jual beli daging sapi. Istrinya mempunyai kebiasaan buruk dengan mengganjal timbangan dengan lemak, dengan kata lain istrinya curang dalam menimbang. Si suami berusaha menyadarkan istrinya dan menghentikan perilaku jelek istrinya. Ia memperbaiki timbangannya dan jual beli dengan jujur dan timbangan yang pas. Dengan menjalankan perintah Allah yaitu jual beli yang jujur dan timbangan yang pas tersebut, Allah menguraikan permasalahannya. Istrinya tidak lagi dikejar-kejar supir angkot dan anaknya menjadi anak yang taat. Ini disebut takwa, dalam contoh ini yaitu memperbaiki timbangan.

Tips dalam menghadapi kegagalan dan situasi terjepit adalah memperbaiki ibadah dan koreksi diri. Kisah lain yang dapat dijadikan ibrah adalah kisah seorang guru yang selalu merasa gajinya tidak cukup. Guru selama ini kalau mengajar sering terlambat, kemudian mendapat nasehat agar tidak terlambat lagi ketika mengajar agar Allah memberi barokah dan cukup gajinya. Kemudian guru tersebut menjalani nasehat tersebut dan menjadi disiplin ketika mengajar sehingga Allah memberi cukup rizkinya. Guru tersebut memperbaiki satu hal yaitu jam dating mengajar sehingga rizkinya cukup.

Jadi amalan dan tips yang paling mudah yaitu membaca istighfar, membaca shalawat dan menindaklanjuti jangan sampai melanggar perintah lagi.

Disarikan dari Youtube Suara Tebuireng dengan judul  “Amalan menghadapi kegagalan saat situasi kepepet | K.H Amir Jamiluddin

Leave a Comment

Your email address will not be published.