Tips Menjadi Istri Solehah

Suara Tebuireng-Setiap kaum Adam pasti mendambakan memiliki istri yang sholihah, begitupun kaum Hawa pasti berharap dirinya mampu menjadi istri yang sholihah. Lantas bagaimanakah cara menjadi wanita yang sholihah? Bagi wanita yang sudah menikah dan akan menikah jawaban dari pertanyaan ini menjadi penting untuk bekal mengarungi kehidupan rumah tangga.

Allah menjelaskan dalam untaian ayatnya yang indah mengenai karakteristik wanita solehah yaitu ayat yang berbunyi:

 فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ

Artinya: “Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)” (QS An-Nisa:34)

Kriteria pertama wanita solihah adalah Qanitatun, yang dimaksud dengan Qonitatun adalah taat kepada Allah SWT dan suaminya.

Kriteria kedua yaitu hafidzatun lil ghaib, maksudnya wanita yang menjaga diri, harta benda dan anak ketika suaminya tidak ada di tempat.

Ada tambahan kriteria ketiga yaitu menyenangkan ketika dilihat berdasarkan hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

خير النساء امرأة اذا نظرت إليها سرتك، واذا أمرتها أطاعتك، واذا غبت عنها حفظتك في نفسها و مالك

Artinya: “Sebaik-baik wanita ialah seorang istri yang apabila kamu melihat kepadanya, membuatmu gembira; dan apabila kamu memerintahkannya, maka ia menaatimu; dan apabila kamu pergi meninggalkan dia, maka ia memelihara kehormatan dirinya dan hartamu.”

Wanita yang saleh adalah wanita yang taat kepada Allah SWT dan suaminya, istri yang dapat dipercaya untuk menjaga diri harta dan anak serta seorang istri yang menyenangkan ketika dilihat. Demikianlah ciri-ciri istri solehah.

Tips menjadi istri yang solehah adalah melakukan persis seperti ciri-ciri istri solehah yaitu taat kepada Allah SWT dan suaminya, menjaga diri, harta dan anak saat suami tidak ada serta menyenangkan ketika dilihat suami. Menyenangkan ketika dilihat dapat dilakukan dengan tersenyum dan menampilkan wajah yang segar dan berseri-seri.

Tipe wanita itu macam-macam, ada yang suka membantah dan suka beralasan. Apalagi ketika penghasilan istri lebih besar daripada suami, kebanyakan istri akan sombong dan mencari masalah kepada suami. Ini yang tidak baik.

Role model istri solehah itu seperti Siti Asiyah, istri Firaun, itu adalah contoh istri sholihah yang luar biasa taatnya kepada Allah SWT. Hal ini senada dengan jawaban yang disampaikan oleh Siti Asiyah sangat taat dan menghormati suaminya padahal suaminya kafir. Siti Asiyah taat pada perintah suaminya asalkan bukan urusan agama. Walaupun suaminya yaitu Firaun adalah orang paling nakal sedunia tetapi Siti Asiyah tetap menghormati suaminya dan taat pada perintahnya. Itu bagus.

Perlu diketahui bahwa syariat terdahulu memperbolehkan seorang muslimah bersuamikan seorang kafir, kalau syariat sekarang tidak diperbolehkan. Seorang wanita muslim harus menikah dengan lelaki muslim.

Sumber: Youtube Suara Tebuireng

Leave a Comment

Your email address will not be published.